Monday 11 April 2016

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016


Ujian Nasioal Sekolah Menengah Atas telah berakhir. para siswa/siswi yang berkeinginan untuk melanjutkan studi harus melanjutkan perjuangan agar bisa masuk di Perguruan Tinggi yang di cita-citakan. ada bebera[a jalur untuk bisa masuk di Perguruan Tinggi, salah satunya yaitu SBMPTN. Pada kesempatan ini saya ingin memberi penjelasan mengenai tata cara pendaftaran SBMPTN, jadwal pelaksanaan SBMPTN, kelompok ujian, materi ujian, nama-nama PTN, dan keterangan lainnya.
Banyak jalur untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri, diantaranya adalah SNMPTN, SBMPTN, Bidikmisi, SPMB, Jalur Mandiri PTN, jalur kerjasama dan lainnya. 

SBMPTN atau dengan kepanjangan yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang diadakan secara nasional untuk menjaring calon mahasiswa yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Pelaksanaan SBMPTN pada tahun ini akan sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, jika pada tahun sebelumnya pelaksanaan ujian SBMPTN dilakukan melalui ujian tertulis, maka pada tahun ini ada opsi lainnya yaitu menggunakan komputer atau yang dikenal dengan Computer Based Testing (CBT).

Selain itu, website resmi SBMPTN yang sebelumnya adalah www.sbmptn.or.id, pada tahun ini berubah menjadi www.sbmptn.ac.id. Namun saat ini kedua website tersebut sama-sama bisa diakses. Jadi silahkan akses yang mana saja karena informasi yang tersedia juga sama.

Jadwal pelaksanaan untuk tes tertulis dan tes yang menggunakan komputer juga berbeda dijadwalkan berbeda. Pelaksanaan tes menggunakan komputer dilaksanakan terlebih dahulu sedangkan tes tertulis dilaksanakan setelahnya.

Berikut Jadwal Pendaftaran SBMPTN Tahun 2016

  1. Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.
  2. Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.ac.id.  mulai tanggal 18 April 2016.
  3. Pendaftaran online Paper Based Testing (PBT) maupun Computer Based Testing (CBT) dibuka dari tanggal 25 April 2016 pukul 08.00 WIB sampai dengan 20 Mei 2016 pukul 22.00 WIB.


Berikut Jenis Ujian SBMPTN 2016
  
Ujian Tertulis (PBT atau CBT)
  1. Materi Ujian Tertulis terdiri atas:
    1. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA).
    2. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
    3. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.
 Ujian Keterampilan
  1. Ketentuan Ujian Keterampilan sebagai berikut.
    1. Ujian Keterampilan diperuntukkan bagi peminat program studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.
    2. Ujian Keterampilan bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang Ilmu Seni terkait.
    3. Ujian Keterampilan bidang Ilmu Keolahragaan  terdiri atas pemeriksaan kesehatan dan tes keterampilan motorik.
    4. Ujian Keterampilan dapat diikuti di PTN terdekat yang memiliki program studi yang sesuai dengan pilihan peserta. Daftar PTN penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id.

Berikut Kelompok Ujian SBMPTN 2016

Kelompok ujian SBMPTN terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu:
  1. Kelompok Ujian Saintek  dengan materi ujian TKPA dan TKD Saintek.
  2. Kelompok Ujian Soshum  dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum.
  3. Kelompok Ujian Campuran  dengan materi ujian  TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.
Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, Soshum, atau Campuran.
Khusus untuk peserta CBT hanya dibolehkan mengikuti kelompok ujian Saintek saja atau kelompok ujian Soshum saja

Berikut Jadwal Ujian SBMPTN 2016

  1. Jadwal  Ujian Tertulis
    • Ujian tertulis baik untuk Paper Based Testing (PBT) maupun Computer Based Testing (CBT) dilaksanakan secara serentak pada tanggal 31 Mei 2016
  1. Jadwal Ujian Keterampilan
    • Ujian  Keterampilan dilaksanakan pada hari Rabu dan/atau Kamis, tanggal 1 dan/atau 2 Juni 2016.
    •  
 Terakhir Pengumuman Resmi Hasil Ujian Tertulis

  1. Hasil ujian akan diumumkan pada hari Selasa, 28 Juni 2016 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://www.sbmptn.ac.id
 Alur Pendaftaran SBMPTN 2016
 

No comments:

Post a Comment

Labels

Info Guru Info Umum Administrasi Artikel Dapodik Berita Kurikulum 2013 BOS K13 Tips Aplikasi Perangkat Pembelajaran RPP Sertifikasi UN Bank Soal Info PTK Guru Pembelajar Guru SD USBN Ujian Nasional Riset UKG UTS BSE Download Info Olimpiade Latihan Soal Madrasah Media Pembelajaran Microsoft Word Modul Olimpiade PAUD Penilaian Proposal SK Sertifikasi Guru Soal Ulangan Terbaru Tahun 2017/2018 Aplikasi Pendidikan Contoh Download Contoh RPPH Model Kelompok dengan Kegiatan Pengaman untuk TK PAUD Terbaru Tahun 2017/2018 Download contoh Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 TK (Taman Kanak-Kanak) Format Microsoft Excel Terbaru Tahun 2017/2018 Kwitansi Lomba Lomba Siswa Microsoft Excel OSN Panduan Pedoman Perangkat RPP Silabus Fisika SMK Ramadhan Raport Tunjangan Profesi Guru aplikasi guru Analisis Blog Buku CPNS Do'a Download Gratis Download Penilaian oleh Pendidik Sesuai Panduan Penilaian K13 SMP MTs Terbaru Tahun 2017/2018 Download Silabus PAI dan Bahasa Arab MI Kelas 1 dan 4 Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2017/2018 Format Info CPNS Jadwal KKM Kalender Kelas 1 Kisi Kisi USBN Kumpulan Soal Literasi MI PDF PJOK PJOK SD PT Panduan Penilaian Panduan e-Rapor Parenting Pembelajaran Kreatif Pendidikan Peraturan Peristiwa RPP SD Kelas 4 RPP SD Kurikulum 2013 Resensi Revisi 2017 Rumus Menghitung Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal SBMPTN SD SD Matematika OSN SMP Silabus PAI Kurikulum 2013 Silabus PAI SMA Silabus SKI XI Soal PJOK Kelas 4 Soal Penjaskes SMA Soal UTS SMP T3 Try Out SMP 2018 Tulisan Anda Tutorial UAS SMA Kelas X UAS SMA Semester 1 UN SMP 2018 USBN 2018 UTS SMP 2017/2018 Wahana Wiki guru kelas 6