Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam Sejahtera
Panduan dapodik 2016 ini, dan menurut admin panduan yang dibuat oleh Dirjen Dikdasmen revisi ini sangat lengkap penjelasannya karena di tampilkan secara detil melalui penjelasan dan Screenshoot sebagai petunjuk sehingga akan lebih mudah dipahami pembaca. Selain itu Panduan ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan kepada operator dan warga sekolah yang hendak mengimplementasikan aplikasi Dapodik Versi 2016 secara mandiri di sekolah. Melalui panduan ini, diharapkan hal-hal yang terkait dengan materi seputar implementasi aplikasi Dapodik Versi 2016 dapat dipahami dan dimaknai dengan mudah. Penyusunan buku ini merupakan upaya strategis untuk memberikan kemudahan dalam memberikan informasi yang luas kepada operator tentang penggunaan aplikasi Dapodik Versi 2016 dalam bentuk panduan.
Berikut adalah daftar isi lengkap panduan dapodik versi 2016 yang bisa dipelajari oleh rekan-rekan ops.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ........................................................................ i
DAFTAR ISI ............................................................................ iii
BAB I INFORMASI UMUM .................................................................. 1
1.1 Penjelasan Aplikasi ............................................................... 1
1.2 UU ITE ............................................................................ 4
1.3 Peran dan Tanggung Jawab .......................................................... 5
1.4 Kerahasiaan Data .................................................................. 6
1.5 Spesifikasi Minimum Komputer (Hardware)............................................ 7
1.6 Spesifikasi Minimum Software (Operating System dan Browser) ............. 8
BAB II KETENTUAN UMUM ................................................................. 9
2.1 Kode Registrasi ................................................................... 9
2.2 Data Prefill ...................................................................... 9
2.3 Menjalankan Aplikasi .............................................................. 10
2.4 Validasi .......................................................................... 10
2.5 Kuncian Data ...................................................................... 11
2.6 Versi Aplikasi .................................................................... 11
BAB III INSTALASI APLIKASI DAPODIK .................................................... 13
3.1 Persiapan Instalasi ............................................................... 13
3.2 Langkah-langkah Instalasi Aplikasi Dapodik ........................................ 22
3.3 Registrasi Aplikasi Dapodik ....................................................... 27
3.4 Deinstalasi Aplikasi Dapodik ...................................................... 33
BAB IV PENGENALAN APLIKASI ............................................................ 37
4.1 Tampilan dan Navigasi ............................................................. 37
4.2 Daftar Perbaikan dan Pembaruan .................................................... 44
BAB V DESKRIPSI PERBAIKAN DAN PEMBARUAN ............................................... 47
5.1 Sekolah ........................................................................... 47
5.2 Sarana dan Prasarana .............................................................. 52
5.3 Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) ............................................ 68
5.4 Peserta Didik ..................................................................... 85
5.5 Tabel Rombongan Belajar ........................................................... 103
5.6 Validasi dan Sinkronisasi ......................................................... 134
5.7 PIP (Program Indonesia Pintar) ..................................................... 146
5.8 1 Aplikasi Untuk 2 Sekolah ......................................................... 148
5.9 Pemetaan Operator Sekolah yang Merangkap
BAB I Informasi Umum 1.1 Penjelasan Aplikasi
Dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Pendidikan
dan Kebudayaan Nomor 79 Tahun 2015 tentang Data Pokok Pendidikan,
Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah diberikan
kewenangan untuk merancang prosedur pengumpulan data, melakukan
sosialisasi dan membangun sistem pengumpulan dan penyimpanan data yang
cepat dan efisien serta mengoordinasikan pengumpulan semua data pokok
pendidikan dari satuan pendidikan yang berada di bawah pembinaan
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Pengumpulan data
pokok pendidikan yang dimaksud yaitu meliputi pengumpulan, pengolahan,
dan penyajian data dan informasi pembelajaran, sarana dan prasarana,
kelembagaan, dan peserta didik jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB.
Seiring dengan diterbitkannya Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 11 tahun 2015 tentang Organisasi dan
Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah terjadi penyatuan
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Direktorat Jenderal Pendidikan
Menengah, menjadi Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Oleh karena itu, diperlukan rancangan mekanisme pendataan yang mengikat
seluruh unit kerja terkait, sehingga terjadi integrasi menyeluruh atas
aktivitas pendataan di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar
dan Menengah.
Upaya untuk mewujudkan pendataan yang terintegrasi
ini dilakukan dengan membangun mekanisme dan aplikasi pendataan melalui
satu pintu. Sistem pendataan berbasis teknologi infromasi yang dibangun
oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah diberi nama
Sistem Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah (DAPODIKDASMEN).
Aplikasi Dapodik Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar
dan Menengah pada tahun ajaran 2016/2017 diberi nama Aplikasi Dapodik
Versi 2016. Aplikasi Dapodik Versi 2016 ini dikemas dalam bentuk
installer yang dapat digunakan oleh semua jenjang pendidikan di
lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah yaitu
jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah
Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Sekolah Luar
Biasa (SLB).
Otoritas data pengguna (username dan password) dan
penambahan data PTK baru pada Aplikasi Dapodik telah diberikan pada
KK-DATADIK Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, sehingga jika terdapat
pergantian operator sekolah dan/atau tambah PTK Baru, maka sekolah harus
melapor dan berkoordinasi pada KK-DATADIK Dinas Pendidikan
Kabupaten/Kota. Data pengguna akan digunakan saat mengunduh data prefill
dan proses registrasi Aplikasi Dapodik Versi 2016.
No comments:
Post a Comment