Sunday, 29 January 2017

Cara Mendidik Siswa SD Yang Efektif dan Memiliki Perilaku Membanggakan


Cara Mengajar Anak SD yang Efektif dan Memiliki Perilaku Yang Membanggakan - Ketika seorang guru dihadapkan untuk mengajar anak SD tentu ini adalah sesuatu yang menarik dan sangat menangtang. Apalagi jika dia statusnya guru baru dan belum memiliki banyak pengalaman mengajar, butuh waktu serta tenaga untuk bisa beradaptasi. Karena kita tahu sendiri, siswa SD adalah mereka yang usianya masih sekitar 6-11 tahunan, usia yang senang-senangnya bermain. Jelas ini membuat para guru SD harus kerja lebih dan menerapkan berbagai strategi dalam mengajar.


Nah bagi rekan - rekan yang ingin tahu bagaimana cara mengajar Anak SD yang efektif, mari disimak ulasannya di bawah.

Ambil Langkah Jitu dan Banyak Bertanya

Guru adalah mereka yang memiliki kewajiban mentransfer ilmu yang dimilikinya. Oleh karenanya para pendidik harus faham dengan materi yang diajarkannya. Semakin banyak ilmu yang dimiliki seorang guru, maka semakin besar pula kesempatan bagi siswa untuk mendapatkan ilmu yang lebih. Namun demikian, selain guru harus faham dan mengerti dengan materi yang dipegangnya, ia juga harus tahu metode-metdoe dalam kegiatan pembelajaran. Ilmu yang ditransfer dengan metode yang benar akan menghasilkan sesuatu yang positif, akan tetapi jika sang guru tidak mampu menerapkan metode dengan tepat maka ilmu yang dibagikannya tidak akan maksimal tersalurkan.


Dalam belajar siswa SD terkadang mengalami kesulitan dalam mengingat sesuatu. Ditambah lagi jika materinya banyak, pasti lebih sulit lagi. Nah disinilah guru harus memberikan sebuah langkah jitu untuk mengatasi itu semua. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan metode "Chungking". Metode chungking adalah metode yang memudahkan siswa dalam mengingat sesuatu.

Contoh dari penggunaan metode ini, misalkan siswa disuruh untuk mengingat angka : 14062008. Dalam hal ini siswa bisa mempergunakan metode chungking untuk mengingat angka tersebut, yaitu dengan:

14, 06, 2008 = Siswa membagi angka kedalam 3 kelompok. Dan disesuaikan berdasarkan tanggal lahir. Kenapa ? Ini dibuat untuk memudahkan siswa dalam mengingat angka tersebut.

Contoh lain, misalkan siswa di suruh mengingat sederet kata: Sapi, Rumput, Lapangan, Tennis, Air, Anjing, Danau. Dalam hal ini siswa bisa mempergunakan metode chungking untuk mengingat kata tersebut, yaitu:

"SAPI terlihat makan RUMPUT disamping LAPANGAN TENIS. Setelah itu ia meminum AIR yang tidak jauh dari ANJING yang sedang memandang DANAU di sebrang"

Cara efektif dalam penggunaan metode ini adalah banyak bertanya. Apabila guru sudah memberikan instruksi kepada siswa untuk menghafal sesuatu, siswa harus diberi pertanyaan yang banyak berkenaan dengan materi bersangkutan. Ini dilakukan untuk mengetahui letak kesulitan siswa dalam menghafal sehingga guru bisa langsung membantu permasalahannya tersebut.

Atur Tempat Duduk Siswa dengan Tepat


Hubungan sosial sangat penting bagi anak-anak sekolah dasar. Pada usia ini, siswa SD tengah belajar bagaimana membangun persahabatan dan belajar tentang bagaiman bekerja dengan kelompok. Seringkali, guru dalam mengatur tempat duduk dikelompokan berdasarkan minat dan kemampuan. Ini sangat penting bagi para siswa dalam mengembangkan pemahaman akan diri mereka sendiri sebagai seorang peserta didik dan untuk dapat meningkatkan kesadaran berfikir mereka.

Guru harus mempertimbangkan berbagai faktor dalam perencanaan penemapatan posisi duduk siswa. Ketika menemukan siswa berkebutuhan khusus, seperti mereka yang memiliki permasalahan dalam prilaku, maka memilihkan tetangga yang bisa menjadi pantutan posisitf bagi siswa bersangkutan adalah strategi terbaik. 

Baca Juga : Menanamkan Karakter Ikhlas Pada Anak-Anak

Cara Mendidik Siswa Sekolah Dasar Agar Memiliki Perilaku Yang Membanggakan


Mendidik dan mengajar siswa pada sekolah dasar, tidak semudah seperti membolak telapak tangan. perlu keahlian dan yang paling utama adalah kesabaran, ketekunan, dan ketelatenan. siswa di lingkungan sekolah adalah subjek yang sedang belajar. Dan secara umum belajar merupakan sebagai proses perubahan perilaku, akibat interaksi individu dengan lingkungan dimana siswa berada. Berdasarkan pengertian tersebut, maka salah satu aspek penting yang perlu dijaga dan dibina suasananya adalah lingkungan siswa berada, dimana dalam hal ini adalah di lingkungan sekolah. Perilaku siswa sekolah dasar adalah dengan kebiasannya yang suka meniru dan mencari sesuatu yang baru dan selalu merasa ingin tahu, membuat siswa meniru berperilaku apa yang telah mereka (siswa) lihat. Oleh sebab itu, untuk merubah tingkah laku atau perilaku siswa yang kurang baik, diberikan pengertian, pemahaman, dan diarahkan. Mendidik anak di sekolah dasar harus benar-benar penuh kesabaran. Penanaman untuk menumbuhkembangkan perilaku budi pekerti siswa sangat penting untuk diarahkan dengan baik. hal ini tentu dimaksudkan dan berguna baik bagi siswa sekolah dasar agar kelak menjadi individu yang berjiwa pancasila, ramah, santun, dan menghargai perbedaan serta pendapat sesuai dengan tujuan pendidikan di negara ini. Maka dari itu, peran guru di lingkungan sekolah mempunyai kedudukan yang sangat penting. siswa sejak dari rumahnya, sebelum berangkat sudah membayangkan bahwa dirinya nanti akan bertemu dengan guru dan akan mengikuti pelajaran. kesan-kesan tersebut akan membawa pada pola pikir pada siswa nanti. Berikut, beberapa cara mendidik siswa sekolah dasar agar memiliki perilaku yang membanggakan antara lain yaitu.
  1. Menganggap siswa sebagai anak sendiri.
  2. Guru sebagai orang tua di lingkungan sekolah, senantiasa selalu memberi spirit/semangat kepada siswanya sesalu tanpa rasa jenuh dengan sabar dan tekun.
  3. Sediakan waktu 5-10 menit setiap jam istirahat agar tidak mengganggu pelajaran, untuk berdialog/berkomunikasi dengan siswa tentang topik yang ringan-ringan, menyenangkan, atau bisa saja sambil bernyanyi.
  4. Guru berpenampilan menarik, atau tidak mencolok di depan siswa.
  5. Guru dapat mencerminkan kepribadiannya, tingkah laku yang sopan, tutur kata yang baik, familier, dan mendidik penuh perhatian tanpa memaksa.
  6. Berikan teguran dan sapaan yang positif ketika bertemu dengan siswa yang sedang berperilaku yang kurang baik.
  7. mengajak siswa untuk senantiasa berbicara dengan sopan, sesekali diselingi dengan menggunakan bahasa daerah yang baik dan benar. hal ini penting, karena etika budaya berbahasa daerah yang baik dan benar, sedikit mengalami penurunan.
  8. Perhatian terhadap siswa harus dilakukan secara kontinu dan menyeluruh tanpa pilih kasih.
  9. Bangga dan cinta terhadap profesi sebagai seorang guru.
  10. Bekerja karena amanah. 
Sumber : - idekreatifguru.blogspot.co.id
              - www.blogwahyu.com

No comments:

Post a Comment

Labels

Info Guru Info Umum Administrasi Artikel Dapodik Berita Kurikulum 2013 BOS K13 Tips Aplikasi Perangkat Pembelajaran RPP Sertifikasi UN Bank Soal Info PTK Guru Pembelajar Guru SD USBN Ujian Nasional Riset UKG UTS BSE Download Info Olimpiade Latihan Soal Madrasah Media Pembelajaran Microsoft Word Modul Olimpiade PAUD Penilaian Proposal SK Sertifikasi Guru Soal Ulangan Terbaru Tahun 2017/2018 Aplikasi Pendidikan Contoh Download Contoh RPPH Model Kelompok dengan Kegiatan Pengaman untuk TK PAUD Terbaru Tahun 2017/2018 Download contoh Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 TK (Taman Kanak-Kanak) Format Microsoft Excel Terbaru Tahun 2017/2018 Kwitansi Lomba Lomba Siswa Microsoft Excel OSN Panduan Pedoman Perangkat RPP Silabus Fisika SMK Ramadhan Raport Tunjangan Profesi Guru aplikasi guru Analisis Blog Buku CPNS Do'a Download Gratis Download Penilaian oleh Pendidik Sesuai Panduan Penilaian K13 SMP MTs Terbaru Tahun 2017/2018 Download Silabus PAI dan Bahasa Arab MI Kelas 1 dan 4 Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2017/2018 Format Info CPNS Jadwal KKM Kalender Kelas 1 Kisi Kisi USBN Kumpulan Soal Literasi MI PDF PJOK PJOK SD PT Panduan Penilaian Panduan e-Rapor Parenting Pembelajaran Kreatif Pendidikan Peraturan Peristiwa RPP SD Kelas 4 RPP SD Kurikulum 2013 Resensi Revisi 2017 Rumus Menghitung Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal SBMPTN SD SD Matematika OSN SMP Silabus PAI Kurikulum 2013 Silabus PAI SMA Silabus SKI XI Soal PJOK Kelas 4 Soal Penjaskes SMA Soal UTS SMP T3 Try Out SMP 2018 Tulisan Anda Tutorial UAS SMA Kelas X UAS SMA Semester 1 UN SMP 2018 USBN 2018 UTS SMP 2017/2018 Wahana Wiki guru kelas 6