Tuesday 17 October 2017

SD Tiara Islamic School Ajak Siswanya Belajar Di Luar Untuk Mengenal Alam Sekitar


Sekolah Dasar (SD) Tiara Islamic School melakukan kegiatan belajar di alam untuk memperkaya pengetahuan tentang ilmu alam, di Hutan Kota, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Riau.
Elly Marlina, Kepala Sekolah Tiara Islamic School (TIS) menjelaskan, anak-anak mulai dari kelas 1-3 SD diajak belajar di Hutan Kota Pekanbaru.

Sebelum ke Hutan Kota, sempat singgah dulu di pabrik pembuatan tahu yang berada di Jalan Segunggung, Pekanbaru. Disana anak-anak diberi pemahaman ilmu tentang cara pembuatan tahu, kandungan tahu, alat pembuatan tahu dan manfaat tahu bagi tubuh kita.

"Kegiatan ini dalam rangka mengajak anak-anak untuk bersosialisasi dan beradaptasi terhadap lingkungan alam. Selain itu juga, agar anak-anak tidak monoton jika hanya belajar di dalam kelas," kata Elly saat ditemui di Hutan Kota Pekanbaru.

Dilanjutnya, dari Sekolah TIS membuat program belajar luar kelas (Out Class) satu kali dalam sebulan, yang bertujuan untuk memperkaya pengetahuan anak didik tentang ilmu alam.

"Semua ilmu bisa ditemui anak-anak ketika belajar di alam, misal ilmu alam, ilmu sosial, ilmu PPKn bahkan ilmu matematika," tungkas Elly lagi.

Dilanjutnya, dengan belajar di alam, mereka bisa bersosialisasi dan beradaptasi dengan alam, mengenal beragam jenis pohon, menghitung jumlah pohon yang ditemukan atau jumlah pengunjung, bahkan belajar seni. Misalnya, mereka disuruh menggambar apa yang mereka temui di lapangan yang menarik bagi mereka, setelah itu mereka diminta untuk menceritakan kepada teman-teman lainnya.

Pantauan kita di lapangan, tidak hanya itu saja pelajaran yang anak-anak dapatkan, mereka juga diajarkan kebersamaan, kekompakan dan kekeluargaan yang membuat mereka tampak ceria, nyantai dan senang sekali belajar di lingkungan yang terbuka.

"Belajar di alam juga menghindari kejenuhan belajar di dalam kelas," tutup Elly mengahiri keterangannya.

No comments:

Post a Comment

Labels

Info Guru Info Umum Administrasi Artikel Dapodik Berita Kurikulum 2013 BOS K13 Tips Aplikasi Perangkat Pembelajaran RPP Sertifikasi UN Bank Soal Info PTK Guru Pembelajar Guru SD USBN Ujian Nasional Riset UKG UTS BSE Download Info Olimpiade Latihan Soal Madrasah Media Pembelajaran Microsoft Word Modul Olimpiade PAUD Penilaian Proposal SK Sertifikasi Guru Soal Ulangan Terbaru Tahun 2017/2018 Aplikasi Pendidikan Contoh Download Contoh RPPH Model Kelompok dengan Kegiatan Pengaman untuk TK PAUD Terbaru Tahun 2017/2018 Download contoh Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 TK (Taman Kanak-Kanak) Format Microsoft Excel Terbaru Tahun 2017/2018 Kwitansi Lomba Lomba Siswa Microsoft Excel OSN Panduan Pedoman Perangkat RPP Silabus Fisika SMK Ramadhan Raport Tunjangan Profesi Guru aplikasi guru Analisis Blog Buku CPNS Do'a Download Gratis Download Penilaian oleh Pendidik Sesuai Panduan Penilaian K13 SMP MTs Terbaru Tahun 2017/2018 Download Silabus PAI dan Bahasa Arab MI Kelas 1 dan 4 Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2017/2018 Format Info CPNS Jadwal KKM Kalender Kelas 1 Kisi Kisi USBN Kumpulan Soal Literasi MI PDF PJOK PJOK SD PT Panduan Penilaian Panduan e-Rapor Parenting Pembelajaran Kreatif Pendidikan Peraturan Peristiwa RPP SD Kelas 4 RPP SD Kurikulum 2013 Resensi Revisi 2017 Rumus Menghitung Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal SBMPTN SD SD Matematika OSN SMP Silabus PAI Kurikulum 2013 Silabus PAI SMA Silabus SKI XI Soal PJOK Kelas 4 Soal Penjaskes SMA Soal UTS SMP T3 Try Out SMP 2018 Tulisan Anda Tutorial UAS SMA Kelas X UAS SMA Semester 1 UN SMP 2018 USBN 2018 UTS SMP 2017/2018 Wahana Wiki guru kelas 6