Friday 22 December 2017

Download Pola Rpph Model Kelompok Dengan Aktivitas Pengaman Untuk Tk Paud Terbaru Tahun 2017/2018

Download Contoh RPPH Model Kelompok dengan Kegiatan Pengaman untuk Taman Kanak-kanak PAUD Terbaru Tahun 2017/2018


Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas dan membagikan file ihwal Download Contoh RPPH Model Kelompok dengan Kegiatan Pengaman untuk Taman Kanak-kanak PAUD Terbaru Tahun 2017/2018 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Download Contoh RPPH Model Kelompok dengan Kegiatan Pengaman untuk Taman Kanak-kanak PAUD Terbaru Tahun 2017/2018

Pahami inti muatan dari setiap kompetensi dasar. Kemampuan apa yang diperlukan dari KD tersebut.
Pahami keluasan cakupan materi yang termuat dalam KD
Pahami kedalaman materi yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.
Sesuaikan dengan visi yang ingin diwujudkan dan Tujuan yang ingin dicapai pada anak didik selama mencar ilmu di forum PAUD.
Tentukan prioritas materi yang mendukung pencapaian KD.

1. Identitas RPPH
Identitas sebuah RPPH memuat:

nama Satuan PAUD yaitu nama satuan PAUD yang menyusun RPPH
semester/bulan/minggu yang keberapa
hari/tanggal
tema/Subtema/Sub-subtema diambil dari tema/subtema/sub-subtema yang disusun di jadwal semester.
kelompok usia anak diisi dengan kelompok sasaran.

2. Materi
Materi diambil dari materi yang telah dijabarkan di RPPM. Materi sejalan dengan tujuan yang telah dituliskan di atasnya. Materi sanggup dibedakan menjadi:

Materi untuk pengembangan perilaku sanggup dituliskan di RPP kemudian masuk ke SOP atau pribadi dimasukkan menjadi aktivitas rutin dan diterapkan melalui penyesuaian serta diulang-ulang setiap hari sepanjang tahunnya (ditindaklanjuti dengan dimasukkan ke dalam SOP kegiatan).
Materi pengembangan pengetahuan dan keterampilan dikenalkan sesuai dengan RPPH.
Contoh Materi RPPH PAUD Tema Diri Sendiri Subtema Tubuhku
Materi dalam RPPH subtema tubuhku dalam kegiatan:
Doa sebelum dan sehabis belajar,
Nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, dan cara merawatnya,
Mengelompokkan menurut warna (merah, biru, kuning), bentuk dua dimensi (persegi, segitiga), dan jumlah bilangan (5 - 10), Lagu “ Aku Ciptaan Tuhan”

Materi yang Masuk dalam Pembiasaan
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
Doa sebelum mencar ilmu dan mengenal hukum masuk ke dalam SOP pembukaan
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudahmakan.

3. Alat dan Bahan
  • Alat dan materi sangat terkait dengan aktivitas yang akan dikelola guru pada hari itu.
  • Kegiatan diambil dari beberapa rencana aktivitas yang ada di RPPM.
  • Kegiatan yang ditetapkan tergantung pada pengelolaan model pendekatan yang dipakai di satuan PAUD tersebut.
  • Alat dan materi ditata untuk menarik minat mencar ilmu anak.
  • Contoh alat dan materi untuk subtema tubuhku
  • Kegiatan menciptakan bingkai foto diri membutuhkan: lidi/irisan bambu/stik es krim, kertas, lem, kertas warna warni (merah, biru, kuning).
  • Kegiatan menciptakan boneka foto diri dari tanah liat membutuhkan: kertas koran untuk alas, tanah liat, dan celemek untuk menutup baju anak.
  • Kegiatan menciptakan membutuhkan shuttlecock bekas, kertas warna warni, lem, dan asesoris mata.
  • Kegiatan menggunting dan melekat (kolase) gambar anggota badan membutuhkan referensi anggota tubuh, lem, potongan gambar anggota badan untuk menempel, dan gunting.
4. Kegiatan Pembukaan
  • Kegiatan pembukaan ditujukan untuk membantu membangun minat anak biar anak siap bermain di aktivitas inti.
  • Kegiatan pembukaan penting untuk mengenalkan materi pembelajaran.
  • Kegiatan pembukaan dimanfaatkan guru untuk mengenalkan aktivitas bermain yang sudah disiapkan, hukum bermain, menerapkan pembiasaan-pembiasaan, dan sebagainya.
  • Contoh Kegiatan Pembukaan di RPPH untuk subtema tubuhku
  • Bernyanyi “ Aku Ciptaan Tuhan”
  • Doa sebelum belajar
  • Membacakan buku cerita
  • Mengenalkan hukum bermain
  • Berdiskusi bagian-bagian tubuh, fungsi, dan cara merawat tubuh. Diskusi yang harus dilakukan sebagai rasa terima kasih terhadap Yang Mahakuasa atas tubuhnya
5. Kegiatan Inti
  • Proses mencar ilmu menerapkan pendekatan saintifik, yakni anak mengamati sesuai dengan tema yang dibahas, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan.
  • Proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik diterapkan secara lebih fleksibel dan lebih luas. Artinya bisa diterapkan di dalam ruangan, di luar ruangan, memakai sumber mencar ilmu yang ada, atau memanfaatkan sumber mencar ilmu lingkungan.
  • Kegiatan Inti memberi kesempatan anak untuk bereksplorasi membangun pengalaman bermain yang bermakna.
  • Pada tahap mengomunikasikan ditekankan pada anak memberikan gagasannya melalui aneka macam aktivitas bermain yang disiapkan.
  • Kegiatan bermain diubahsuaikan dengan model pembelajaran sentra/area/sudut/ kelompok dengan aktivitas pengaman.
  • Jumlah aktivitas yang disediakan setiap harinya minimal 4 aktivitas yang berbeda untuk memfasilitasi anak biar tetap fokus bermain. Pada aktivitas tertentu contohnya memasak, main peran/drama, atau pengenalan sains guru sanggup menyediakan 1 aktivitas saja.
  • Penguatan mengingat (recalling) merupakan bab dari aktivitas maindi Inti. Recalling untuk menguatkan kembali pengalaman bermain dan konsep yang dipelajari anak 

Berikut ini File Download Contoh RPPH Model Kelompok dengan Kegiatan Pengaman untuk Taman Kanak-kanak PAUD Terbaru Tahun 2017/2018 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda bisa pribadi download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :


No comments:

Post a Comment

Labels

Info Guru Info Umum Administrasi Artikel Dapodik Berita Kurikulum 2013 BOS K13 Tips Aplikasi Perangkat Pembelajaran RPP Sertifikasi UN Bank Soal Info PTK Guru Pembelajar Guru SD USBN Ujian Nasional Riset UKG UTS BSE Download Info Olimpiade Latihan Soal Madrasah Media Pembelajaran Microsoft Word Modul Olimpiade PAUD Penilaian Proposal SK Sertifikasi Guru Soal Ulangan Terbaru Tahun 2017/2018 Aplikasi Pendidikan Contoh Download Contoh RPPH Model Kelompok dengan Kegiatan Pengaman untuk TK PAUD Terbaru Tahun 2017/2018 Download contoh Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 TK (Taman Kanak-Kanak) Format Microsoft Excel Terbaru Tahun 2017/2018 Kwitansi Lomba Lomba Siswa Microsoft Excel OSN Panduan Pedoman Perangkat RPP Silabus Fisika SMK Ramadhan Raport Tunjangan Profesi Guru aplikasi guru Analisis Blog Buku CPNS Do'a Download Gratis Download Penilaian oleh Pendidik Sesuai Panduan Penilaian K13 SMP MTs Terbaru Tahun 2017/2018 Download Silabus PAI dan Bahasa Arab MI Kelas 1 dan 4 Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2017/2018 Format Info CPNS Jadwal KKM Kalender Kelas 1 Kisi Kisi USBN Kumpulan Soal Literasi MI PDF PJOK PJOK SD PT Panduan Penilaian Panduan e-Rapor Parenting Pembelajaran Kreatif Pendidikan Peraturan Peristiwa RPP SD Kelas 4 RPP SD Kurikulum 2013 Resensi Revisi 2017 Rumus Menghitung Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal SBMPTN SD SD Matematika OSN SMP Silabus PAI Kurikulum 2013 Silabus PAI SMA Silabus SKI XI Soal PJOK Kelas 4 Soal Penjaskes SMA Soal UTS SMP T3 Try Out SMP 2018 Tulisan Anda Tutorial UAS SMA Kelas X UAS SMA Semester 1 UN SMP 2018 USBN 2018 UTS SMP 2017/2018 Wahana Wiki guru kelas 6