Tuesday 28 June 2016

MENTERI ANIES : ANGGARAN TAMBAHAN LEBIH BANYAK UNTUK KESEJAHTERAAN GURU

Berita seputar perkembangan dunia pendidikan dan guru kembali kami bagikan kepada seluruh rekan pengunjung khususnya rekan-rekan guru diseluruh satuan pendidikan ditanah air.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, bertambahnya anggaran pendidikan sebesar Rp 1 triliun sangat mempengaruhi program pendidikan di Indonesia. Terutama untuk pendidikan siswa dan kesejahteraan guru.
Menurut Anies, untuk anggaran Kemendikbud ‎di RAPBNP 2016, ada empat program prioritas. Kelompok pertama, akan dialokasikan pada program dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis lainnya sebesar Rp 47,114 miliar. 
Seperti dukungan manajemen bagi sekolah Indonesia di Singapura yang masih membutuhkan dukungan perpanjangan lahan. 
“Dengan dukungan alokasi anggaran ini diharapkan kami bisa menambahkan pelayanan bagi para siswa, khususnya bagi tenaga kerja Indonesia yang banyak mengambil program kesetaraan, sehingga masih banyak membutuhkan dukungan peningkatan mutu pendidikan,” ujar Mendikbud, Senin (27/6).
Selanjutnya alokasi kedua, penambahan anggaran sebesar Rp 356 miiliar dialokasikan untuk program pendidikan dasar dan menengah.
Penambahan alokasi anggaran diarahkan pada penyediaan sarana dan prasarana pembelajaran sebagai upaya untuk peningkatan mutu pendidikan.
 “Kami berharap di daerah-daerah yang selama ini jangkauannya sulit, akan coba kami bantu dengan akses teknologi informasi agar tidak tertinggal pembelajarannya dengan daerah lain,” jelas Mendikbud.
Pada kelompok ketiga, Anies mengatakan alokasi sebesar Rp 50 miliar akan diarahkan kepada program Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, khususnya pada peningkatan mutu layanan pendidikan kesetaraan dan kursus.
“Pendidikan Kesetaraan sangat penting ditingkatkan mutu pendidikannya untuk menjangkau adik-adik kita yang sangat membutuhkan pelayanan pedidikan kesetaraan, khususnya di daerah yang sulit terjangkau,” tutur Mendikbud.
Alokasi anggaran pada kelompok terakhir adalah Progran Guru dan Tenaga Kependidikan. Pada program ini melalui penambahan anggaran, Kemdikbud mengalokasikan anggaran terbesar untuk guru Rp 546,7 miliar. 
“Penambahan alokasi anggaran ini akan digunakan untuk memenuhi kekurangan tunjangan profesi guru di program guru dan tenaga kependidikan, untuk kesejahteraan guru dan tenaga kependidikan,” ucap Mendikbud.
Dengan pengalokasian melalui empat kelompok tersebut, lanjut Anies, dalam enam bulan ke depan bisa memberikan kontribusi positif, dan memiliki dampak  besar bagi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.
Sumber : jpnn

1 comment:

Labels

Info Guru Info Umum Administrasi Artikel Dapodik Berita Kurikulum 2013 BOS K13 Tips Aplikasi Perangkat Pembelajaran RPP Sertifikasi UN Bank Soal Info PTK Guru Pembelajar Guru SD USBN Ujian Nasional Riset UKG UTS BSE Download Info Olimpiade Latihan Soal Madrasah Media Pembelajaran Microsoft Word Modul Olimpiade PAUD Penilaian Proposal SK Sertifikasi Guru Soal Ulangan Terbaru Tahun 2017/2018 Aplikasi Pendidikan Contoh Download Contoh RPPH Model Kelompok dengan Kegiatan Pengaman untuk TK PAUD Terbaru Tahun 2017/2018 Download contoh Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 TK (Taman Kanak-Kanak) Format Microsoft Excel Terbaru Tahun 2017/2018 Kwitansi Lomba Lomba Siswa Microsoft Excel OSN Panduan Pedoman Perangkat RPP Silabus Fisika SMK Ramadhan Raport Tunjangan Profesi Guru aplikasi guru Analisis Blog Buku CPNS Do'a Download Gratis Download Penilaian oleh Pendidik Sesuai Panduan Penilaian K13 SMP MTs Terbaru Tahun 2017/2018 Download Silabus PAI dan Bahasa Arab MI Kelas 1 dan 4 Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2017/2018 Format Info CPNS Jadwal KKM Kalender Kelas 1 Kisi Kisi USBN Kumpulan Soal Literasi MI PDF PJOK PJOK SD PT Panduan Penilaian Panduan e-Rapor Parenting Pembelajaran Kreatif Pendidikan Peraturan Peristiwa RPP SD Kelas 4 RPP SD Kurikulum 2013 Resensi Revisi 2017 Rumus Menghitung Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal SBMPTN SD SD Matematika OSN SMP Silabus PAI Kurikulum 2013 Silabus PAI SMA Silabus SKI XI Soal PJOK Kelas 4 Soal Penjaskes SMA Soal UTS SMP T3 Try Out SMP 2018 Tulisan Anda Tutorial UAS SMA Kelas X UAS SMA Semester 1 UN SMP 2018 USBN 2018 UTS SMP 2017/2018 Wahana Wiki guru kelas 6