Friday 9 March 2018

Cara Melatih Otak Supaya Punya Daya Ingat Yang Tajam


Kemampuan otak dalam menyimpan memori memang telah terbentuk semenjak dilahirkan, tetapi bukan berarti Anda tidak sanggup mengubahnya dikala dewasa. Seseorang sanggup memperkuat fungsi mental dan meningkatkan daya ingatnya dengan melaksanakan latihan tertentu.

Hal ini dibuktikan oleh Nelson Dellis, seorang atlet mental yang berhasil menjuarai langgar ingatan USA Memory Championship pada tahun 2011 dan 2012 berurut-turut, yang diselenggarakan di New York. Nenek Dellis meninggal tahun 2009 alasannya yaitu penyakit Alzheimer, sehingga dirnya bertekad untuk mengalahkan faktor risiko genetik untuk penyakit otak degeneratif tersebut.

Di usianya yang telah menginjak 29 tahun, Dellis berusaha menemukan cara untuk menjaga fungsi mental yang kuat. Dellis berpikir bahwa menyerupai halnya otot yang sanggup diperkuat melalui latihan yang intens, pikiran dan memori otak pun juga sanggup diperkuat dengan cara tertentu.

Karena rajin berlatih, Dellis mendapat dua gelar kejuaraan memori nasional, dimana dirinya memenangkan kompetisi menghafalkan digit terbanyak dalam waktu 5 menit, yaitu sebanyak 303 digit dan tercepat dalam menghafalkan urutan kartu, yaitu dalam 63 detik.

Seperti dilansir Men's Fitness, untuk mendapat memori otak yang tajam, Anda perlu melatih otak dengan melaksanakan trik tertentu sebagai berikut:

1. Memfokuskan perhatian

Satu-satunya cara supaya memori sanggup menempel pada otak, Anda harus lebih fokus dalam memperhatikan obyek yang ingin Anda ingat-ingat atau hafalkan. Lebih fokuslah dalam mempelajari suatu hal, kalau hal ini belum juga berhasil, Anda hanya membutuhkan lebih banyak waktu untuk berlatih.

2. Mengubahnya menjadi bentuk gambar

Otak akan lebih gampang mengakses sebuah gambar daripada kata-kata. Sehingga Anda sanggup memakai trik ini untuk menghafalkan beberapa kata yang saling terkait dengan menyimpannya dalam otak dalam bentuk gambar tertentu yang mewakili.

Hal ini akan memudahkan otak untuk menginterpretasikannya kembali dan dengan cepat mengingat apa yang telah dipelajari.

3. Tempatkan beberapa obyek berbeda yang ingin Anda hafalkan ke dalam suatu paket

Agar Anda sanggup mengingat beberapa hal yang berbeda sekaligus, Anda sanggup menempatkannya ke dalam satu paket tertentu. Misalnya, dikala Anda ingin menghafalkan beberapa benda di dalam suatu ruangan, Anda perlu menempatkan pikiran pada satu lokasi yang Anda kenal dengan baik, contohnya kamar tidur Anda.

Kemudian, tempatkan barang-barang tersebut dalam kamar, tentunya hal ini hanya dalam imajinasi Anda semata. Kemudian Anda sanggup menghafalkan benda-benda tersebut dari apa yang pertama kali Anda lihat dikala membuka pintu kamar. Lakukan langkah semacam ini terhadap banyak sekali kasus lain dan berlatihlah dengan rutin supaya otak semakin tajam.

No comments:

Post a Comment

Labels

Info Guru Info Umum Administrasi Artikel Dapodik Berita Kurikulum 2013 BOS K13 Tips Aplikasi Perangkat Pembelajaran RPP Sertifikasi UN Bank Soal Info PTK Guru Pembelajar Guru SD USBN Ujian Nasional Riset UKG UTS BSE Download Info Olimpiade Latihan Soal Madrasah Media Pembelajaran Microsoft Word Modul Olimpiade PAUD Penilaian Proposal SK Sertifikasi Guru Soal Ulangan Terbaru Tahun 2017/2018 Aplikasi Pendidikan Contoh Download Contoh RPPH Model Kelompok dengan Kegiatan Pengaman untuk TK PAUD Terbaru Tahun 2017/2018 Download contoh Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 TK (Taman Kanak-Kanak) Format Microsoft Excel Terbaru Tahun 2017/2018 Kwitansi Lomba Lomba Siswa Microsoft Excel OSN Panduan Pedoman Perangkat RPP Silabus Fisika SMK Ramadhan Raport Tunjangan Profesi Guru aplikasi guru Analisis Blog Buku CPNS Do'a Download Gratis Download Penilaian oleh Pendidik Sesuai Panduan Penilaian K13 SMP MTs Terbaru Tahun 2017/2018 Download Silabus PAI dan Bahasa Arab MI Kelas 1 dan 4 Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2017/2018 Format Info CPNS Jadwal KKM Kalender Kelas 1 Kisi Kisi USBN Kumpulan Soal Literasi MI PDF PJOK PJOK SD PT Panduan Penilaian Panduan e-Rapor Parenting Pembelajaran Kreatif Pendidikan Peraturan Peristiwa RPP SD Kelas 4 RPP SD Kurikulum 2013 Resensi Revisi 2017 Rumus Menghitung Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal SBMPTN SD SD Matematika OSN SMP Silabus PAI Kurikulum 2013 Silabus PAI SMA Silabus SKI XI Soal PJOK Kelas 4 Soal Penjaskes SMA Soal UTS SMP T3 Try Out SMP 2018 Tulisan Anda Tutorial UAS SMA Kelas X UAS SMA Semester 1 UN SMP 2018 USBN 2018 UTS SMP 2017/2018 Wahana Wiki guru kelas 6