Thursday 15 March 2018

Sistem Pendidikan Di Afrika Selatan Dianggap Sebagai Salah Satu Terburuk Di Dunia


Setelah setengah jam menggoreskan pensil, murid-murid di kelas yang diajar Lizeka Rantsan berbaris ke mejanya menyerahkan tes matematika. Guru wanita di sekolah dasar Oranjekloof di Cape Town itu mendapatkan apresiasi dari belum dewasa berusia 11-12 tahun dalam tanggapan di kertasnya. 

Rantsan mendesah, tidak terkesan. Menarik satu lembar yang salah dari tumpukan ia bertanya: "Bagaimana kita bisa membantu belum dewasa ini?"

Itulah pertanyaan yang gagal dijawab Afrika Selatan (Afsel). Dalam tabel kumpulan wacana sistem pendidikan yang disusun pada 2015 oleh perhimpunan OECD dari sejumlah negara, Afsel menempati urutan ke-75 dari 76. Pada November, Tren dalam Matematika Internasional dan Ilmu Sains (TIMSS) yang terbaru, tes empat tahunan bagi 580.000 murid di 57 negara, Afsel berada di serpihan bawah atau mendekati urutan buncit dalam aneka macam peringkat, meskipun skornya telah membaik semenjak 2011.

Anak-anaknya berada di belakang murid-murid di negara miskin Benua Hitam. Yang mengejutkan, 27 persen siswa yang sudah bersekolah selama enam tahun tidak bisa membaca, dibandingkan dengan 4 persen di Tanzania dan 19 persen di Zimbabwe. Setelah lima tahun sekolah, sekitar setengah dari total murid tidak tahu bahwa 24 dibagi tiga yaitu delapan. Hanya 37 persen belum dewasa sekolah yang lulus ujian matrikulasi; hanya 4 persen naik kelas.

"Afsel mempunyai sistem sekolah yang paling berbeda di dunia," kata Nic Spaull dari Universitas Stellenbosch.

Kesenjangan nilai tes antara 20 persen peringkat atas di sekolah dan sisanya lebih lebar dibandingkan hampir semua negara lain. Dari 200 murid kulit gelap yang bersekolah hanya satu yang bisa diperlukan cukup baik untuk mencar ilmu teknik. Sepuluh belum dewasa kulit putih bisa diperkirakan menerima hasil yang sama.

Banyak dilema berakar pada apartheid. Undang-undang Pendidikan "Bantu" 1953 diatur demi memastikan bahwa kulit putih mendapatkan pendidikan yang lebih baik dari kulit hitam. Kaum kulit hitam, berdasarkan Hendrik Verwoerd mantan perdana menteri yang dulu bertanggung jawab atas pendidikan, dididik hanya untuk menjadi "penebang kayu dan pengangkut air".

Para murid kulit gelap mendapatkan sekitar seperlima dari dana yang diterima rekan-rekan kulit putihnya. Mereka hampir tidak diajari matematika atau sains. Gereja paling independen membuka sekolah yang memperlihatkan pendidikan yang baik di wilayah kaum kulit gelap kemudian ditutup.

Setelah Nelson Mandela menjadi presiden pada 1994, pemerintah memperluas susukan untuk bersekolah. Ia juga mengubah sistem sekolah yang dipisahkan oleh ras dengan membagikan anggaran. Sekolah-sekolah di tempat miskin mendapatkan lebih banyak dana negara. Tapi seluruh sekolah di tempat yang lebih kaya sanggup dibebankan biaya tinggi.

Dalam teori, sekolah-sekolah itu harus mendapatkan murid bahkan jikalau orang bau tanah mereka tidak bisa membayar biaya. Dalam prakteknya, mereka dibentengi hak istimewa. Masih ada sekitar 500 sekolah yang dibangun dari lumpur, terutama di Eastern Cape. Western Cape mempunyai beberapa kampus terbesar di belahan bumi selatan, dengan lapangan rumput kriket sehalus permadani.

Namun uang bukanlah alasan atas keterpurukan ini. Beberapa negara menghabiskan lebih banyak dengan imbas begitu sedikit. Di Afsel, pengeluaran publik untuk pendidikan yaitu 6,4 persen dari PDB; pangsa rata-rata di negara-negara Uni Eropa yaitu 4,8 persen. Lebih penting daripada uang yaitu kurangnya akuntabilitas dan kualitas jelek dari sebagian besar guru. Pusat untuk kedua kegagalan itu yaitu Persatuan Guru Demokratik Afrika Selatan (SADTU), yang bersekutu dengan penguasa Kongres Nasional Afrika (ANC).

Peran SADTU tertera kosong dalam laporan yang diterbitkan Mei 2016 oleh tim yang dipimpin John Volmink, seorang akademisi. Telah ditemukan korupsi "luas" dan penyalahgunaan. Termasuk guru yang membayar pejabat serikat demi pekerjaan yang disukai, dan guru-guru wanita memberitahu bahwa mereka akan diberi pekerjaan hanya dengan dimintai imbalan seks. Pemerintah hanya memberi sedikit tanggapan. Mungkin mengejutkan; seluruh enam pegawai negeri senior yang mengajar yaitu anggota SADTU.

Wibawa serikat dalam pemerintahan mengingkari klaim bahwa para pejabat yang harus disalahkan atas pendidikan yang menyedihkan. Tahun kemudian mereka berhasil melobi penghapusan tes standarisasi. Dipastikan bahwa para penilik harus memberitahu ke sekolah satu tahun sebelum tiba (kurang dari 24 jam yaitu norma di Inggris). Dan kendati induk sekolah terdiri aneka macam forum pemerintah yang bermaksud menciptakan guru-guru harus melapor, mereka lebih sering dikendalikan oleh serikat, atau dalam beberapa kasus oleh komplotan.

Tetapi kalau ada pengawasan yang lebih baik kebanyakan para guru akan berjuang untuk meningkatkan keahlian. Dalam satu penelitian di tahun 2007, guru-guru matematika untuk murid berusia 11-12 tahun duduk melaksanakan tes yang sama di kelas mereka; diberi pertanyaan termasuk hitungan sederhana soal fraksi dan rasio. Hasilnya, sebuah skandal: 79 persen guru mencetak nilai di bawah tingkat yang diperlukan dari murid. Rata-rata anak berusia 14 tahun di Singapura dan Korea Selatan melakukannya jauh lebih baik.

Itu tidak ibarat ini. Sekolah Spark Bramley di Johannesburg yaitu sekolah swasta murah, menghabiskan waktu sebagian besar siswanya lebih dari rata-rata sekolah negeri. Sebanyak 360 murid mulai mencar ilmu pada 07:30 pagi dan pulang pukul 03:00-04:00 sore; kebanyakan sekolah negeri tutup pada pukul 01:30 siang. Di pagi hari murid berkumpul untuk latihan kesadaran, pertanyaan matematika, berjanji untuk bekerja keras -- dan senam memompa darah ala "Firework"-nya Katy Perry.

"Kami mempunyai kurikulum emosional sebaik aliran akademik," kata Bailey Thomson, administrator Spark, ibarat dilansir The Economist.

Murid-murid menghadiri pelajaran matematika berdasarkan kurikulum Singapura; kelas keaksaraan menarik wacana bagaimana Inggris mengajarkan fonik. Yang krusial, para guru bukan anggota SADTU. Tapi mereka mendapatkan 250 jam pengembangan profesional per tahun, sekitar sama banyaknya yang didapat guru sekolah negeri rata-rata dalam satu dekade.

Hasil awal memperlihatkan bahwa murid-murid yang berada pada peringkat rata-rata sudah setahun lebih maju dari rekan-rekan negeri mereka. Spark menjalankan delapan sekolah dan berencana membuka 20 cabang pada 2019. Operator lain, ibarat Future Nation, yang salah satu pendirinya yaitu Sizwe Nxasana, mantan bankir, juga berkembang pesat.

"Kami tidak pernah akan mempunyai langkah yang lebih besar dari pemerintah, tetapi kita bisa mempengaruhinya," kata Stacey Brewer, pendiri Spark, berharap.

Skema lain yang menjanjikan berupa "sekolah kolaborasi" percontohan di Western Cape, berdasarkan perguruan di Inggris dan sekolah khusus di Amerika. Kelima sekolah kerja sama didanai negara tetapi dijalankan oleh operator independen.

Dalam apa yang Helen Zille, perdana menteri dari negara serpihan Western Cape, sebut "saat perkembangan", para wali murid Oranjekloof mengajukan petisi untuk tetap menjaga sekolah dalam kegiatan kerja sama ketika serikat pekerja mencoba untuk menentangnya. Zille ingin berbagi "massa kritis" dari sekolah kerja sama guna menyuntikkan persaingan ke dalam sistem publik.

Sekolah Spark dan sekolah kerja sama memperlihatkan bahwa pendidikan Afrika Selatan tidak perlu dikutuk. Tapi gotong royong mereka bertanggung jawab untuk sebagian kecil dari lebih 25.000 sekolah di negara itu. Peningkatan meluas akan perlu melonggarkan cengkeraman SADTU. Dalam jajak pendapat lokal pada Agustus, partai yang berkuasa mendapati hasil terburuk semenjak berakhirnya apartheid. Hal ini sanggup memaksakan tinjauan soal konflik kepentingan.

Semakin besar kemungkinan itu berlanjut, maka gagal pula pendidikan buat anak-anak. "Keinginan untuk mencar ilmu telah terkikis," kata Angus Duffett, kepala Silikamva High, sekolah kolaborasi. "Itu yaitu derita yang sangat menyakitkan," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment

Labels

Info Guru Info Umum Administrasi Artikel Dapodik Berita Kurikulum 2013 BOS K13 Tips Aplikasi Perangkat Pembelajaran RPP Sertifikasi UN Bank Soal Info PTK Guru Pembelajar Guru SD USBN Ujian Nasional Riset UKG UTS BSE Download Info Olimpiade Latihan Soal Madrasah Media Pembelajaran Microsoft Word Modul Olimpiade PAUD Penilaian Proposal SK Sertifikasi Guru Soal Ulangan Terbaru Tahun 2017/2018 Aplikasi Pendidikan Contoh Download Contoh RPPH Model Kelompok dengan Kegiatan Pengaman untuk TK PAUD Terbaru Tahun 2017/2018 Download contoh Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 TK (Taman Kanak-Kanak) Format Microsoft Excel Terbaru Tahun 2017/2018 Kwitansi Lomba Lomba Siswa Microsoft Excel OSN Panduan Pedoman Perangkat RPP Silabus Fisika SMK Ramadhan Raport Tunjangan Profesi Guru aplikasi guru Analisis Blog Buku CPNS Do'a Download Gratis Download Penilaian oleh Pendidik Sesuai Panduan Penilaian K13 SMP MTs Terbaru Tahun 2017/2018 Download Silabus PAI dan Bahasa Arab MI Kelas 1 dan 4 Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2017/2018 Format Info CPNS Jadwal KKM Kalender Kelas 1 Kisi Kisi USBN Kumpulan Soal Literasi MI PDF PJOK PJOK SD PT Panduan Penilaian Panduan e-Rapor Parenting Pembelajaran Kreatif Pendidikan Peraturan Peristiwa RPP SD Kelas 4 RPP SD Kurikulum 2013 Resensi Revisi 2017 Rumus Menghitung Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal SBMPTN SD SD Matematika OSN SMP Silabus PAI Kurikulum 2013 Silabus PAI SMA Silabus SKI XI Soal PJOK Kelas 4 Soal Penjaskes SMA Soal UTS SMP T3 Try Out SMP 2018 Tulisan Anda Tutorial UAS SMA Kelas X UAS SMA Semester 1 UN SMP 2018 USBN 2018 UTS SMP 2017/2018 Wahana Wiki guru kelas 6